Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Struktur Atom Terhadap Pemahaman Konsep Kimia

Anik Pujiati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, berisi deskripsi tentang penerapan pendekatan STEAM dengan project based learning pada materi kimia struktur atom. Proyek dalam pembelajaran ini berupa poster tentang materi srtuktur atom. Dalam proyek pembuatan poster ini pendekatan STEAM (Sains, Teknologi, Enginering, Art and Mathematic) terwakili secara ringkas sebagai berikut: Sains dalam pembuatan poster mencakup materi struktur atom yang merupakan materi penting kimia dasar; Teknologi dalam proyek ini mencakup penggunaan teknologi dalam pembuatan poster dengan menggunakan laptop/android; Enginering pada bagian ini mencakup saat pendesainan poster dimana poster dibuat dengan berbagai macam aplikasi ; Art berperan dalam pendesainan bagaimana supaya poster menarik dari sisi seni, sisi keindahan. Sedangkan Mathematic dalam proyek ini berkaitan dengan pendesainan simbol-simbol dan perbandingan-perbandingan dalam desain misal font-font huruf dan sebagainya. Hasil n-gain pemahaman konsep kimia masuk dalam kriteria sedang.

Full Text:

PDF

References


Asghar, A. dkk. (2012). Supporting STEM Education in Secondary Science Contexts. The Interdiscplinary Journal of Problem Based Learning. Teaching Academy at Purdue University, 6, 85-125.

Dewi, M., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2018). Penerapan pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi listrik dinamis. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 0(0), 381–385. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/287/237

Dischino, Michele. James A. deLaura and Judith Donnelly. (2011). Increasing the STEM Pipeline Though Problem Based Learning. Proceedings IAJC-ASEE Internasional Reseach

Kurniati, A., Suhery, T., & Effendi, E. (2017). Pengembangan Modul Kimia Dasar Materi Termokimia Pendekatan Stem Problem Based Learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 316–326. Retrieved from http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/698/315

Roberts, Amanda & Diana Catu. (2012). Applying Instructional Strategies to Design and Tecnology Curriculum. Journal of STEM Education, 111-118.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/3183/2200


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License