Perancangan Kegiatan Pembelajaran Bagi Peserta Didik Untuk Menjelaskan Konsep Sains Secara Virtual

Selli Mariko

Abstract


Selama pandemi Covid 19 kegiatan pembelajaran hampir semuanya dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu sebagian besar peran guru digantikan oleh orang tua di rumah. Akibatnya muncul berbagai permasalahan yang terjadi, diantaranya: 1. Guru tidak maksimal menyampaikan materi karena keterbatasan komunikasi; 2. Kompetensi orang tua tidak relevan untuk mendampingi anak belajar; 3. Keterbatasan peserta didik melakukan praktikum di laboratorium sekolah. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel ini adalah merancang perangkat pembelajaran untuk memudahkan peserta didik melakukan aktivitas belajar secara daring sesuai konsep yang diajarkan guru. Metode yang digunakan untuk mengembangkan konsep pembelajaran ini adalah penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dikombinasikan dengan  pemanfaatan teknologi informasi untuk menjelaskan materi tentang sains. Konsep LKPD yang digunakan mencakup aktivitas 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasi). Perangkat teknologi informasi  yang digunakan berupa web aplikasi “PhET Interactive Simulation” untuk memberikan praktikum kepada peserta didik secara virtual. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ternyata peserta didik lebih memahami konsep yang diajarkan guru meskipun harus belajar sendiri di rumah. Selain itu, orang tua lebih mudah mendampingi aktivitas belajar secara daring di rumah karena kegiatan pembelajaran sudah dirancang secara terstruktur oleh guru.                                                                                                                                                                                                                                                                       


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2021). Interactive Simulations For Science and Math. University of Colorado Boulder. https://phet.colorado.edu/in/. diakses Senin, 24 Mei 2021, 08.45 WIB.

Ansori, A. N. A. (2021). KPAI Ungkap Permasalahan Anak Selama Masa Pandemi COVID 19 di Bidang Pendidikan. Liputan 6.com. https://www.liputan6.com/health/read/4478907/kpai-ungkap-permasalahan-anak-selama-masa-pandemi-covid-19-di-bidang-pendidikan. diakses kamis, 10 Feb 2021, 09:00 WIB.

Astalini, Darmaji, Riantoni, C., & Nova, S. (2019). Studi Penggunaan PhET Interactive Simulations Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Budiana, H. R., Sjafirah, N.A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59-62.

Danial, E. & Wasriah, N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Masita, S, I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, A. E. (2020). Penggunaan PhET Simulations Dalam Meningkatan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141.

Ngadinem. (2019). Penggunaan Media Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1), 1-9.

Panggabean, N. H. & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Puspita, I. (2020). PhET Aplication Program: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual dan Media Sosial. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 57-68.

Saputra, R., Susilawati, & Verawati, N. N. S. P. (2020) Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 110-115.

Supraswan, I. K. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Bandung: Tata Akbar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License