Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas 2 Melalui Metode MNR

Restu Dian Nurmawati

Sari


This study aims to see an increase in understanding of mathematical concepts with the MNR (Mathematical Realistic Mathematics) method in 8th-grade junior high school students. This type of research is quantitative with experimental design, namely intact group comparison where there is one group used for research, but for two half group for experiment and half group for control. Data collection techniques using observation and Post Test. The data analysis technique consists of observation data and the value of Post Test. The results of this study include a focus on improving students' understanding by using a nalariah-based method and based on the conclusions from the study that there is no increase in student understanding.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E.T.Ruseffendi. (1992). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdiknas Direktorat pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi. Mela Vega Riana. Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik Di Klinik pendidikan Mipa Cabang 1 Surabaya. Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Febrianto, Budi dkk. 2018. Peningkatan pemahaman Konsep Matematika Melalui Pengguaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Majalengka: diakses Melalui https://media.neliti.com.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip. Mela Vega Riana. Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik di Klinik Pendidikan MIPA Cabang 1 Surabaya. Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Lukman, Hamidah Suryani.2017. statistika terapan Dasar. Bekasi : CV. Nuraeni, jalan angsana II Blok B 12/20 Pondok Pekayon Indah.

……………………2017. Analisis data kuantitatif menggunakan software SPSS. Bekasi: Cv nurani .

Saputra, R.Ridwan Hasan dan Adelina, Astri. 2008. Pintar MNR (Matematika Nalaria Realistik). Bogor: Klinik Pendidikan MIPA. Mela Vega Riana. Penerapan metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik Di Klinik Pendidikan Mipa Cabang 1 Surabaya. Jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Shadiq, Fadjar. 2004. Pemecahan Masalah, penalaran, dan komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika. Diakses pada http://matematika.upi.edu (diakses 10 januari 2019).

Sugiono. 2016. Metode Pelenitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.