Analisis Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Tes Matematika

Imam Suseno

Sari


Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pengaruh antara variabel sikap belajar matematika siswa terhadap hasil tes matematika. Menggunakan metode penelitian survey ekspose facto terhadap responden penelitian adalah siswa. Responden yaitu siswa Sekolah Menengah Atas kelas sebelas di Jakarta Timur sebanyak 90 siswa berasal dari 3 sekolah yang terpilih secara multistage random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan tes matematika yang teruji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data diperoleh informasi bahwa terdapat pengaruh antara sikap belajar matematika siswa terhadap hasil tes matematika. Sikap belajar matematika siswa belum menunjukkan keteguhan sikap dan selaras dengan tindakan positif serta konsisten dalam mengikuti pelajaran matematika disekolah secara optimal. Indikator pembentuk sikap belajar matematika dilihat secara utuh pada  dimensi kognitif, afektif dan kognisi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, Saifuddin. 1988. Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: Pustaka Belajar Harry E. Triandis, Attitude and Attitude Change. New York: Taylor & Francis Group, LLC., 2008.

Hornby. 1981. Dictionary of Current English.New York: University Press.

Lewis R. Allan. 2001. Psycological Testing and Assesment. Massachusetts: Allin and Bacon Morris Kline, “Matematika” Ilmu Dalam Perspektif, ed Jujun S. Surisumatri

Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Philip Suprastowa. 2002. Guru Pada Era Reformasi, Kajian Dalam Meningkatka Profesionalisme Guru. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan.

Richard W. Coopeland. 1984. How Children Learn Mathematics. New York: Mac Milan Publishing Company

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, komunukasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sarwono, Sarlito W. & Meinarno, Eko A. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika., 2009.

Suseno, Imam. 2017. Komparasi Karekter Butir Tes Pilihan Ganda Ditinjau Dari Teori Tes Klasik. Faktor Jurnal Ilmiah kependidikan Vol.4 No.1 Maret 2017. http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/31/ ”hasil belajar matematika”


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.