Pengaruh Communication Skill dan Character Building terhadap Kemampuan Literasi Matematika

Shindy Shindy, Maya Nurfitriyanti

Sari


Berdasarkan pada hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara communication skill dan character building terhadap kemampuan literasi matematika, baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Oleh karena itu, hendaknya dalam proses belajar mengajar di dalam kelas guru  bukan hanya berfokus dalam menyampaikan materi saja, namun juga sebagai pendidik yang seutuhnya. Artinya dapat memberikan makna dalam setiap mengajar, melalui penanaman communication skill dan character building pada peserta didik. Diharapkan dengan dikembangkannya faktor-faktor tersebut dapat menjalin hubungan yang baik antara guru dan peserta didik. Dan memberikan pengaruh bagi keduanya di kehidupan yang lebih kompleks.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifa & Priyatno.(2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan : Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10(1):1-17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Husna, Ikhsan,M. Fatimah,Siti. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal Peluang.82. http://jurnal.unsyiah.ac.id

Indrawati, Farah. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sains. 384. https://proceeding.unindra.ac.id

Maulidah, E. (2019). Character Building dan Keterampilan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. 138-146.

Muin, Fachtul. (2011). Pendidikan Karakter Konstruktif Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Arr-ruzz Media.

Putri, S. I. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa MTSN Model Babakan Tegal Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Impulsif. Skripsi. Puwekerto: Universitas Muhammadiyah Puwekerto.

Romadona, M. R. (2016). Kompetensi Komunikasi Interpersonal Peneliti Berdasarkan Tipologi. Jurnal Pekommas, 1(2): 170. https://media.neliti.com

Shofwan, A. M. (2015). Character Building Melalui Pendidikan Agama. Episteme, 10(1): 179-180. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id

Silya, Maryanti. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan.34. https://ejournal.unp.ac.id

Wasono. (2019). Pengelolaan Communication Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol.2: 2-14. https://eprints.ums.ac.id

Yoga, Wicaksana., Wardono., & Ridlo. S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 173. https://journal.unnes.ac.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.