Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pelajaran Matematika SMP Kelas VII

Dita Anggi Yulinda Eka, Abdul Karim, Yogi Wiratomo

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal pada pelajaran matematika SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development / R&D). model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahap yang sistematis yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini produk sudah melakukan uji ahli materi, ahli media, ahli desain, dan penilaian guru. Hasil dari penilaian uji ahli dan guru dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pocket Book memiliki kriteria baik dengan perolehan presentase dari ahli materi sebesar 85,5%, ahli media sebesar 86,5%, ahli desain sebesar 86%, dan penilaian guru sebesar 95,5%. Sehingga tingkat validasi media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal pada pelajaran matematika ini diinterprestasikan baik untuk direalisasikan pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VII.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armelia, D., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Media Pocket Book Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.30998/sap.v3i3.3586

Istianah, I. (2017). Pengembangan Pocket Book Berbantuan GEOGEBRA Dengan Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) Pada Materi Segiempat Kelas VII SMP/MTs. Aksioma, 7(1), 14. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1406

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I Made., ddk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of learning management systems in learning efforts during a pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(2): 62-71. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.