Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif

Witri Lestari, Novia Aulia Nirmala

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal segitiga dan segiempat berdasarkan taksonomi bloom ranah kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurussaadah Jakarta sebanyak 5 orang. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data peneliti, dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal segitiga dan segiempat berdasarkan taksonomi bloom ranah kognitif adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan tidak menjawab soal. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal segitiga dan segiempat yaitu siswa tidak memahami konsep segitiga dan segiempat, siswa tidak memahami pertanyaan dari soal, siswa kurang teliti dalam menyelesaikannya dan siswa terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan soal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, M. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Pada Siswa Kelas Vlll Mtsn Balang-Balang .

Amalia, Ata Nayla dan Widayati, Ani. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kembali Mutu Kelas XII SMA Mutu Pelajaran Ekonomi Akuntasi. Jurnal: Pendidikan Akuntasi Indonesia, 10 (1).

Effendi, R. (2015). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. 2.

Gunawan, A., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif:Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian.

Gunawan, I., & Retno, P. A. (2018). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (1), 98–117.

Komariyah dkk. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. 4(1), 1–8.

Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. 02(02), 225–232.

Nur, F., Aisyah, K., Hariyani, S., Nur, R., & Dinullah, I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria watson. 4(1), 11–22.

Ode, R., & Kasriana. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal- Soal Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. 6(2), 172–183.

Rusmana, I. M., & Anawati, S. (2017). Pengembangan metode pembelajaran berbasis kecerdasan ganda terhadap motivasi dan sikap belajar peserta didik. 10(1), 30–41.

Suharsaputra, Uhar. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama

Supardi. (2013). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Jurnal: Formatif, 3 (2) hlm. 78-96

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta Selatan: Change Publication

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel ( SPLDV ). 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.