Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kreativitas Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika
Sari
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kreativitas siswa terhadap pemahaman konsep matematika di SMK Paskita Global Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Paskita Global Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5 % atau = 0,05, yaitu (1) kecerdasan intrapersonal dan kreativitas siswa secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika. (2) kecerdasan intrapersonal mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Kreativitas Siswa mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annajmi. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui metode penemuan terbimbing berbantuan software geogebra. Journal of Mathematic Education and Scienc (MES). Vol.2, No.1 ISSN 2528-4363.
Baron. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta. Erlangga.
Fajriyah dan Supardi U.S. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Leonard (Editor). Edu Research 1(1). Jakrata: Unindra Press.
Pekrun. (2006). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safaria. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Siswono, T.Y. (2007). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Bandung : Nuansa.
Supardi. (2012). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta : PT. Prima Ufuk Semesta.
Zulkardi, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.