Pembelajaran E-Learning Dalam Membantu Pemecahan Soal High Order Thinking Skill Di Tengah Pandemi Covid–19

Yusi Anawati, Martina Ula, Ganjar Susilo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran E-Learning untuk proses pembelajaran dalam upaya membantu pemecahan soal-soal HOTS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif analitis.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data diambil dengan cara mereduksi data, merangkum semua hasil hasil data dan disajikan dalam bentuk narasi kemudian diambil kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa sebagai sampel yang diambil secara random dan satu orang guru kelas. Berdasarkan hasil wawancara yang diambil dari tiga orang narasumber, maka hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan aplikasi E-Learning pada masa pandemi Covid-19 adalah efektif, namun mengalami banyak kekurangan jika digunakan dalam proses penyampaian materi,terutama soal HOTS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, D. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Komponen Pengembangan E-Learning. Komponen Pengembangan E-Learning, 1(14), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09

Bailey, D. R., & Lee, A. R. (2020). Learning from Experience in the Midst of COVID-19 : Benefits , Challenges , and Strategies in Online Teaching. Computer-Assisted Language Learning Electronic Journal, 21(2), 178–198.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. In karya tulis ilmiah masa work from home (pp. 1–12).

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties Of High School Students In Solving Higher-Order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.520

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal AL- Ta’dib, 8(1), 117–140. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i1.396

He, Wu; Xu Guandong; and Kruck, S. E. (2014). Online Is Education For The 21 st Century. Journal Of Information Systeam Education, 25(2), 101–106.

Mahase, E. (2020). Coronavirus : covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined , despite lower case fatality rate. The BMJ, 641(February), 2020. https://doi.org/10.1136/bmj.m641

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggo Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/doi.org/10.21009/PIP.341.1

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 20–35.

Shi, J., Wen, Z., Zhong, G., Yang, H., Wang, C., Huang, B., … Bu, Z. (2020). Susceptibility of ferrets , cats , dogs , and other domesticated animals to SARS – coronavirus 2. Science, 368(6494), 1–10. https://doi.org/10.1126/science.abb7015

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., … Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76(February), 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Wilder, A., Smith, S., & Freedman, D. O. (2020). Isolation , quarantine , social distancing and community containment : pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus ( 2019-nCoV ) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0. Palembang: Program Pasca Sarjana, 12(1), 341


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.