Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk posstest only control design dan sudah dilakukan uji prasyarat data dengan hasil yang valid dan reliabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel, dimana thitung = 4,084 > ttabel = 2,002 sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII di SMP Kuntum Wijaya Kusuma. Sehingga model pembelajaran osborn dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Liyawati, I. A, & Sulistyaningrum, H. (2019). Penerapan Model Pembelajarn Osborn Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), 7-10.
Muttaqi, U. K., Kartono, K., & Dwidayati, N. K. (2019). Kontribusi Model Osborn Simple Feedback Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 2, 343–348.
Nugroho, A.S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INOVASI, XVIII, 1-6.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND). Bandung : Alfabeta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.