Analisis Kesulitan Belajar Siwa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran di SMP PGRI 9 Jakarta
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi lingkaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Jakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian dipilih secara Purposive yaitu 3 siswa kelas VIII kategori subjek dengan nilai tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, dan wawancara keabsahan data menggunakan tringulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: (1) Siswa dengan kesadaran nilai tinggi mengalami lebih sedikit kesulitan dalam memecahkan masalah disbanding dengan kesadaran siswa nilai sedang dan dengan siswa nilai rendah. Siswa dengan kesadaran nilai tinggi mengalami hambatan dalam memeriksa kembali. (2) Siswa dengan kesadaran nilai sedang mengalami lebih sedikit kesulitan dalam menyelesaikan dalam memecahkan masalah dibanding dengan kesadaran siswa dengan nilai rendah. Siswa dengan kesadaran nilai sedang mengalami hambatan kesulitan memahami masalah dan memeriksa kembali. (3) Siswa dengan kesadaran nilai rendah mengalami paling banyak kesulitan dalam memahami masalah. Siswa dengan kesadaran nilai rendah mengalami kesulitan dalam memahami masalah, kesulitan dalam melaksankan rencana, dan kesulitan memeriksa kembali. Dalam mengerjakan soal siswa dengan kesadaran nilai rendah kesulitan mensubstitusikan rumus dilihat dari cara siswa melakukan perhitungan yang tidak tepat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatika, 1(2).
Polya. G. (1973) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: Princeton University Press. Tersedia: https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_How To SolveIt.pdf
Suwarto. (2013). Pengembangan tes diagnostik dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.