Analisis Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menggunakan Metode STEAM-PjBL

Deni Nasir Ahmad, Maya Masitha Astriani, Mal Alfahnum

Sari


STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). yaitu pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan bidang-bidang STEAM – sains, teknologi, teknik, seni dan matematika. Tujuan penelitian bahwa ingin menguji kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi yang akan dibuat sebagai tugas perkulihan yang merupakan suatu permasalahan sehingga menghasilkan sebuah hasil belajar dan produk yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan dari akhir perkulihan di mata kuliah workshop matematika. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Quasi-Eksperimen. Dengan sampel sebanyak 44 orang dari mahasiswa semester 5 pada tahun ajaran 2019/2020. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode STEAM-PjBL memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar workshop matematika pada masing-masing mahasiswa. Kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode STEAM-PjBL memberikan pengaruh pada perkuliahan workshop matematika.  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jauhariyyah, Farah Robi’atul, Hadi Suwono, Ibrohim. 2017. Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 2, 2017, ISBN: 978-602-9286-22-9

Khoiriyah, Nailul, Abdurrahman, dan Ismu Wahyudi. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD, Vol.5 No.2 Oktober 2018

Marshall, J. (2014). Transdisciplinarity and art integration: Toward a new understanding of art-based learning across the curriculum. Studies in Art Education, 55(2), 104–127.

Nurohman, Sabar. 2015. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. 20 Oktober 2015. http://staff. uny. ac. Id.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Supardi U.S. 2012. Aplikasi Statistika Salam Penelitian. Jakarta : PT. Ufuk Publishing House.

Taylor, P.C. (2016). Whyis a STEAM curriculum perspective crucial to the21stcentury? Research Conference2016. 89-93

Wilson, B. & Hawkins, B. 2019.Art and Science in a Transdisciplinary Curriculum. In Judson, G. & Lima, J. (Eds). CIRCE Magazine: Steam Edition.CIRCE: The Centre for Imagination in Research, Culture & Education http://www.circesfu.ca

Zubaidah, Siti. 2019. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) : Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. September 2019. https://www.researchgate.net/publication/336065211.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.