Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah - Langkah Polya Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat

Mutiara Bhayangkari, Sudiyah Anawati

Sari


Tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Bakti Jaya berdasarkan langkah-langkah Polya pada pokok bahasan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII SMP Bakti Jaya, yang dipilih dari kategori tinggi, sedang dan rendah.  Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dalam memahami masalah, presentase siswa yang tergolong tinggi, sedang, dan rendah berturut turut adalah 75,86%, 6,90%, dan 17,24%. Dalam merencanakan penyelesaian, presentase siswa yang tergolong tinggi, sedang, dan rendah berturut turut adalah 62,07%, 37,93%, dan 0%. Dalam melaksanakan rencana penyelesaian, presentase siswa yang tergolong tinggi, sedang, dan rendah berturut turut adalah 65,52%, 24,14%, dan 10,34%. Dalam memeriksa kembali, presentase siswa yang tergolong tinggi, sedang, dan rendah berturut turut adalah 31,03%, 10,35%, dan 58,62%. Presentase keseluruhan kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong tinggi, sedang, dan rendah berturut turut adalah 51,72%, 27,59%, dan 20,69%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiana, N. A., Arigiyati, T. A., & Nasroni. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Imogiri. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Ninik, Hobri, & Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Program Linier. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 61–68. https://doi.org/10.12681/er.9602

Nurhasanah, L., & Adiraksasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Parulian, R. A., Manundar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Sesiomadika 2019, 1(2), 215–228. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2880/0

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118. Retrieved from http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/151

Sulistiyorini, & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9. Retrieved from https://docplayer.info/36195360-Analisis-kesulitan-siswa-dalam-pemecahan-masalah-soal-cerita-matematika-pada-siswa-smp.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.