Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK

Nurapiah Nurapiah, Huri Suhendri, Eva Yuni Rahmawati

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk meneliti bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengambil narasumber sejumlah 2orang guru dan 30 orang peserta didik dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan 4 tahap yaitu redksi data, penyajian data, penarika kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis menunjukan bahwa dari 30 peserta didik 0% mendapatan kriteria baik sekali, 3,33% peserta didik mendapatkan kriteria baik, 16,67% mendapatkan kriteria cukup, 36,67% mendapatkan kriteria kurang dan 43,33% menunjukan kriteria kurang sekali. Setelah melaksanakan penelitian akhirnya penulis menyimpulkan bahwa “Tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik di SK Mandala Leuwiliang adalah rendah”. Hal ini di tunjukan oleh hasil penelitian yang menunjukan banyak dari peserta didik mendapatkan kriteria kurang sekali dan tidak terdapat peserta didik yang mendapatkan kriteria baik sekali.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anawati, S. (2011). Analisis penyajian konsep dan soal pada lembar kerja siswa (LKS) Matematika SMK Kelas X Terbitan Cahaya Mentari, Surakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2): 138–144. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/68/66

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa MTS Kelas VII dalam pembelajaran matematika melalui aplikasi Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5): 315–322. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322

Karim, A. (2017). Analisis pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2): 144–152. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578

Dewi, D.K., Ernawati, Nurhayati, L., Agina, S., Khodijah, S.S., & Hidayat, W. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA pada pateri persamaan dan pertidaksamaan linier. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1): 1–10. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p%25p

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1): 6–12.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.