Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill) Mahasiswa melalui Metode Show and Tell

Eva Yuni Rahmawati, Mira Gusniwati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahamahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 melalui metode show and tell. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa. Pada siklus pertama, proses pembelajaran dengan metode Show and Tell menunjukkan potensi perbaikan, peneliti menemukan beberapa masalah dan perlu perbaikan. Setelah itu dilakukan perubahan, revisi sesuai kebutuhan, selanjutnya diterapkan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan selama proses belajar mengajar melalui metode Show and Tell yang diterapkan. Peningkatan partisipasi mahasiswa dan penguasaan kosakata; mereka lebih aktif, antusias, dan percaya diri dalam Berbicara Bahasa Inggris.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Bohning, G. (1981).Show and tell: assessing oral language abilities, reading horizons. Journal of Literacy and Language Arts. 22 (1)

Davis, P. & Pearse, E. (2000). Success in english teaching. Oxford: Oxford University Press

Harmer, J. (2007). The practice of english language teaching: Fourth Edition. New York: Pear-Son Education Inc.

Hasbullah, H., Raharjo, S. B., & Istiningsih, S. (2015). Penelitian tindakan kelas: pedoman praktis bagi guru profesional. Unindra Press.

Heaton, James Ben. (1989). Writing english language tests. UK: Longman Publishers.

Mortlock, A. (2014). Children’s narratives and show-and-tell: what the story books tell us about being known, being better, and being judged?. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/childrens-narratives-show-and-tell-what-do-storybooks-tell-us-about-being-known-being

Nunan, D. (2003). Practical english language teaching. New York: McGraw Hill.

Nyo, M., Khaing, M., & Maung, C. (2014). Developing the four skills of language teaching staff through lesson preparations. Birmania: Mandalay: Lashio University.

Rahmatul, H. & Z. Amri. (2018). The use of elicitation technique in teaching speaking to junior high school students. Journal of English Language Teaching, 7 (4).

Richards, J. C. (2008). Teaching listening and speaking from theory to practice. USA : Cambrigde University.

Thornbury, S (2005). How to teach english. Harlow: Pearson Education Limited.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.