Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Maman Achdiyat

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan analisis anava satu jalur. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Harapan Bangsa Depok,dengan jumlah sampel 78 orang peserta didik.Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara masing-masing pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar matematika.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bawa tidak terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aisyah, St. (2010). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Tingkat Agresivitas Anak. Jurnal MEDTEK (Volume 2 April 2010).

Aminah, dkk. (2011). Perbedaan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 3(1):19-24.

Anwar, Saifudin. (2005). Pengertian Prestasi Belajar. Diunduh di http://sunartombs.wordpress.com/. Pada tanggal 04 Juni 2017.

Astuti, Anggraeni & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Jakarta: Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI.

Basuki, Kasih Haryo. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2): 120-133.

Baswedan, Aliyah Rasyid. (2015). Wanita, Karier, & Pendidikan Anak. Yogyakarta: Ilmu Giri.

Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea.

Chaplin, J.P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono.

Erman, Suherman. (2003). Pusat Penerapan Universitas Terbuka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Jannah, R. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak. Yogyakarta: Divapress.

_____, R. (2011). Pengukuran dalam Bidang Penelitiani. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Rabiatul Adawiah. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (pp. 33–48). pp. 33–48.

Studi, P., Teknologi, P., & Belajar, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 5(2), 168–181.

Setyadi. (2009). Metode-metode Pembelajaran Matematika. Bandung: Misan Pustaka.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Stewart dan Koch. (1983: 178). Children Development Through Adolescence. Jurnal Pendidikan. Diunduh pada tanggal 03 Juni 2017.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1): 29-39.

Sumantoro. Dkk, (2007). Silabus Sains, Pengetahuan Sosial, Matematika, Bahasa Indonesia untuk Kelas Sekolah Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Susilawati, Susi dan Setia Budi. (2017). Pengaruh Kemampuan Metakognitif Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Matematika. EduResearch-Raise The Standard Editor: Leonard (Vol 1, 79-105). Jakarta: UNINDRA Press.

Sutisna, Icam. (2017). Pola Asuh Orangtua dan Perilaku Agresi Anak. Prosiding Seminar Nasional dan Lokakarya PLS FIP UNG. Di unduh di http://fip.ung.ac.id/page/1/jurnal. Pada tanggal 05 Juni 2017.

Tilaar, Anetha LF. (2011). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika. Jurnal Formatif, 1(3): 186-191.ISSN 2088 351 X Vol 1 No. 03 Desember 2011.

Tridhonanto. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Syamsu. (2006). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.