Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Arif Rahman Hakim, Ryan Ibnu Hardianto Saputro, Jamaludin Jamaludin, Mulyana Mulyana

Sari


Penelitian ini tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran statistika yang berbentuk diagram batang. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SDIT Nadwatul Ummah, Depok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE, yaitu 1Analysis (Analisis), meliputi: analisis kebutuhan, 2Design (Perancangan), meliputi: pembuatan flowchart, storyboard, dan desain antarmuka, 3Development (Pengembangan), meliputi: pengumpulan materi, pembuatan produk dan revisi, 4Implementation (Implementasi), meliputi: pengujian dengan siswa SD Kelas 4, dan 5Evaluation (Evaluasi), meliputi: angket penilaian kualitas media di pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa di sekolah tersebut, media ini dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar serta dapat membantu guru dan siswa untuk belajar aktif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ada, J. H., & Azisah, St. (2016). The Contribution of Teachers’ Pedagogical Competence Toward The Effectiveness of Teaching of English at MTSN Balang-Balang. ETERNAL (English, Teaching, Learning and Research Journal), 2(2), 238-251. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Eternal/article/view/2538/2959.

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis WEB pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. JMSK (Jurnal Matematika Statistika & Komputasi), 15(1), 64-74. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jmsk/article/view/4425/2522.

Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Multimedia terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 169-179. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1185/1071

Antika, B. R. (2013). Studi Pengembangan Diri (Bakat Minat) pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah Salatiga (Studi Kasus pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah). Skripsi UNNES (Universitas Negeri Semarang), 1-94. https://lib.unnes.ac.id/17333/1/1301408070.pdf

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Arysad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmar, (2018). Persepsi Siswa atas Kompetensi Sosial Guru dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 105-114. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2934/2205

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204-214. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1188/1074

Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hakim, A. R. (2019). Menjawab tantangan era Industry 4.0 dengan menjadi wirausahawan di bidang pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol. 2, 480-489. Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta PGRI. http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.121

Jannah, W. N., Lusiyana, D., & Susilawati (2018). IbM Alat Peraga Matematika SD dari Pengolahan Sampah Karet Sandal di Kecamatan Klangenan. Warta LPM, 21(1), 15-23. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/5063/3907

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. JME (Journal on Mathematics Education), 10(1), 69-80. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/download/5416/pdf

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578. http://www.ejmste.com/pdf-76959-16490?filename=How%20Does%20Realistic.pdf

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196

Mariyah, Aprinastuti, C., & Anggadewi, B. E. T. (2017). Pengembangan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika pada Anak dengan ADHD. Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2195/1657

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga matematika untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38-43. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/3318/2372

Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 135-146. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3870/2531

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/download/80/57

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 184-196. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/991/927

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20RH%202019.pdf

Sari, D. P., & Darhim. (2020). Implementation of React Strategy to Develop Mathematical Representation, Reasoning, and Disposition Ability. JME (Journal on Mathematics Education), 11(1), 145-156. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/7806/pdf

Setyaningsih, N., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2019). Developing Realistic and Child-friendly Learning Model for Teaching Mathematics. JRAMathEdu (Jourrnal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 79-88. http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu/article/view/8112/4734

Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufatihah, I. (2018). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matem`atika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 157-164. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2770/2210

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2013). Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78-96. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/115/112

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan 3(2), 165-174. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/753/571


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.