Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Barisan dan Deret

Hanifah Satari Fajrin, Hawa Liberna

Sari


Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan, Barisan dan Deret di SMP Islam Ibnu Hajar Bantargebang, Kota Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII B SMP Islam Ibnu Hajar Bantargebang, yang dipilih dari masing-masing tipe 3 subjek penelitian secara purposive sample. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada indikator merencanakan penyelesaian atau penyusunan strategi penyelesaian sangat tinggi. Karena siswa dapat menyelesaikan indikator tersebut dengan baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rinekacipta.

Budi, Setia Dan Susi Sulistiawati. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Edusearch Raise The Standart Jakarta 1, 79-106.

Daryanto, (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fajriah Dan Supardi. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Edusearch Raise The Standart Jakarta, 1, 1-24.

Haryanto, Yusuf, (2014). Matematika ; Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kamilah, Milah Dan Adi. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Unsika (664-672).

Lexy, J, Moleong. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Mulyono, Abdurrahman, (2012). Anak Berkesulitan Belajar; Teori, Diagnosis Dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, Dan Sylvianna, Luvy. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Mts Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education (23-36).

Panjaitan, F.I.J. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas VIII Mts Jamiyatul Washliyah Tembung. Skripsi UIN Sumatera Utara Medan.

Pardimin,Dkk. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. Wacana Akademika Volume 1 No 1 Tahun 2017 (69-76).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.