Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika

Wisnu Mursabdo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar Matematika.  Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP Kristen Kanaan Jakarta TA 2020/2021 yang berjumlah 79 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random samping kepada 50 siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas persepsi siswa atas kreativitas guru, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Matematika. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar Matematika.  Pengaruh persepsi siswa atas kreativitas guru memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Matematika sebesar 80,7%. Kontribusi pengaruh persepsi siswa atas kreativitas guru terhadap hasil belajar Matematika adalah sebesar 65,1%, sisanya 34,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulwahab, Wisnijati Bauki. (2013). Statistika Parametrik dan Nonparametrik untuk Penelitian. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Hidayat, Syarif. (2013). Teori Dan Prinsip Pendidikan. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Janie, Dyah Nirmala Arum. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang : Semarang University Press.

Kurniawati, Fitri dkk. (2019). Analisis Regresi. Pekanbaru : UIN Sultan Syarif Kasim.

Mutakin, Tatan Zaenal & Suendarti, Mamik. (2019). Bahan Praktek Pengolahan Data Design and Analysis of Experiments. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Nihayah, Ara Zahrotun. (2019). Pengolahan Data Menggunakan Software SPSS 23.0. Semarang : UIN Walisongo.

Nurhikmayati, Iik. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics Vol. 1 No. 2 April 2019 hal. 41-50.

Perdana, Echo. (2016). Olah Data Skripsi dengan SPSS 22. Pangkalpinang : Lab Kom Manajemen FE UBB.

Rumiati. (2012). Kedudukan Matematika Dalam Ilmu Pengetahuan. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2012/04/06/kedudukan-matematika-dalam-ilmu-pengetahuan/

Suendarti, Mamik. (2019). Konsep-konsep MIPA. Jakarta : Pustaka Mandiri.

Suyono.(2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta : Deepublish. (https://books.google.co.id/books?id=3vlRDwAAQBAJ&lpg=PR1&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q&f=false)

Mursabdo, Wisnu. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Pendar Cahaya Vol 1 No 1 April 2021Hal 43-50: Widyasarai Press.

Mursabdo,Wisnu & Mursabdo, Michael Christian. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Daya Serap Siswa kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Lentera : DOI: 10.51518/lentera.v3i2.49

Mursabdo, Wisnu. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa atas Kompetensi Sosial Guru dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Sains 2021


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.