Analisis Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Perbandingan Kelas V SDN Kayuringin Jaya II Bekasi

Fiducia Prima Soblia, Arfatin Nurrahmah, Mira Gusniwati

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemecahan masalah peserta didik kelas V  dalam menyelesaikan soal cerita matematika, khususnya materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 orang peserta didik kelas V SDN Kayuringin Jaya II Bekasi Selatan, yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi dapat menyelesaikan soal dengan baik sesuai 4 tahapan indikator pemecahan masalah, yaitu tahap memahami masalah, tahap membuat rencana pemecahan masalah, tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan tahap melihat kembali. Subjek dengan kemampuan awal sedang, menyelesaikan soal rata-rata hanya sampai pada tahap indikator kedua saja. Sedangkan subjek dengan kemampuan awal rendah, hanya mampu menyelesaikan soal pada tahap indikator pertama. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11

Apriani, E., Djadir, D., & Asdar, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 7. https://doi.org/10.35580/imed

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 69–73.

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). The Ability of Student’s Conceptual Understanding in Completing Story Problems on Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123–136. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/article/view/148/110

Naite, I. (2021). Impact of Parental Involvement on Children’s Academic Performance at Crescent International School, Bangkok, Thailand. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 690(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/690/1/012064

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Phuong, N. T., & Loc, N. P. (2020). Solving word problems involving “ratio” concept of the fifth - Grade students: A study in Vietnam. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 2937–2945. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080722

Sukoriyanto, S., Nusantara, T., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2016). Students’ Errors in Solving the Permutation and Combination Problems Based on Problem Solving Steps of Polya. International Education Studies, 9(2), 11. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p11

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 142–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Utami, C., & Anitra, R. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Mata Kuliah Matematika Sd. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 103. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2113


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.