Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Derindu Rizky Restutami

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar melalui penerapan modelĀ  pembelajaran make a match. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah suatu perlakuan atau treatment dapat mempengaruhi hasil sebuah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode one-group pretest-posttest design, dimana siswa diberikan pretest terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran setelah itu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kemudian di akhir di berikan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YLPI Ibadurrahman Kota Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel berpasangan untuk melihat perbedaan hasil belajar sampel yang diuji sebelum dan setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka PeSlajar.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Huda,M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

______. (2014). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.