Tanggapan Siswa Mengenai Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika

Meida Zulpah Zakiah Nesa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII semester 2 SMP Terpadu Al-Ghifari Sukabumi. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil juga simpulan dari penelitian ini adalah (1) nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah sejarah tentang penemu bidang ilmu dalam matematika, perhitungan zakat, perhitungan astronomi (penentuan tanggal dalam hijriah), perhitungan hak-hak waris, saling menghargai, tolong menolong, ukhuwah, sopan santun, jalan dzikrullah, sabar, dan jujur. (2) implementasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah membaca do’a sebelum pembejaran dimulai dan setelah pembelajaran usai; selingan pembelajaran nilai-nilai islam saat pembelajaran matematka berlangsung, teladan guru yang baik bagi siswa; mengaitkan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika; motivasi siswa untuk terus menjadi pribadi yang senantiasa ingin lebih dekat dengan Allah,  menanamkan sikap saling menghargai, tolong menolong, ukhuwah, sopan santun, sabar dan jujur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir. (2018) Integrating Mathematics and Religious Teachings and Values in Elementary

and Secondary School, Keynote Speaker Full Paper dalam International Conference on

Mathematics and Islam.

Arifani, N., H., As’ari, A., R., & Abadyo. (2016) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS menurut Teori Newman: Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP negri 1 TanjungnBumi Bangkalan. Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY.

Dini, Fiza Fitria, (2005). Hubungan antara Kualitas Attachment Orang Tua Siswa dan Self Efficacy Remaja dalam Pelajaran Matematika. Skripsi, Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Echols, John M. Hasan Shadily. (2005) Kamus Inggris Indonesia: An English Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia.

Fathai. Abdul Halim, (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media.

Kusniati. (2011) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Menurut Tingkat Berfikir Geomrtri Van Hiele. Semarang: Universitas Negreri Semarang.

Mohamed, M. (2001) Matematikawan Muslim Terkemuka. Jakarta: Salemba Teknika

Mutijah, Model Integrasi Matematika Dengan Nilainilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2, Hal. 52-75 2018.

Samsul Maarif, Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Ilmiah Vol 4, No.2, Hal. 223-236. 2015.

Sugiyono. (2016) Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.