Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi Komposisi Dan Invers Kelas X

Vilandina Alif Kamin, Yuan Andinny, Irham Ramdani

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers siswa kelas X di SMA Negeri 7 Bekasi, mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dan upaya yang harus dilakukan agar siswa kelas X SMA Negeri 7 Bekasi dapat memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 7 Bekasi. Metode pengumpulan data dengan mengumpulkan hasil tes uraian pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers serta di dukung dengan hasil wawancara siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers masih tergolong rendah, diukur melalui indikator pemahaman konsep < 50% siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep baik secara teori maupun pemahaman secara langsung. Serta hasil wawancara siswa banyak yang merasa kesulitan dalam menerapkan rumus dan menyelesaikan perhitungan algoritma.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annizar, A. M. R. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL Pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Nuris Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73118

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355

Atikah, P. M. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri 2 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). 98–99. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41696

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii smp pada materi bentuk aljabar di smp it nurul huda batujaya. 4(4), 827–834. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834

Hudojo, H. (2003). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UM PRESS, 69.

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 04(01), 927–932. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mustafa, S. R., Afri, L. E., & Nurrahmawati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 3 RAMBAH SAMO (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian). https://www.neliti.com/publications/109963/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nh.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Sihombing, K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and LearningTerhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kreativitas Matematika Peserta Didik Pada Materi Operasi Aljabar Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Merek T.P 2018/2019. Pelayanan Kesehatan, 2014, 1–6. http://library.oum.edu.my/repository/725/2/Chapter_1.pdf

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Yunanto, B. H., Subandi, S., & Fadillah, M. K. (2021). Upaya Guru Dalam Pembentukan Akhlak Melalui Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MAN 1 Lampung Tengah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(1), 35-43. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bip/article/view/67.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.