Pengembangan Pocket Book Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Mind Mapping Untuk Siswa Kelas VI SD

Kartika Sari Dwilangga Putri, Yogi Wiratomo, Ihwan Zulkarnain

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Pocket Book Matematika berbasis Mind Mapping  untuk siswa kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada penelitian ini produk sudah melakukan uji ahli materi, uji ahli bahasa dan uji ahli media. Kualitas produk ini berdasarkan penilaian ahli tergolong “Layak”. Hasil penilaian dari uji ahli materi mendapatkan kriteria “Baik” dengan rata-rata presentase yaitu 88%. Hasil penelitian dari uji ahli bahasa mendapatkan kriteria “Baik” dengan rata-rata presentase 89%. Sedangkan hasil penelitian dari uji ahli media mendapatkan kriteria “Baik” dengan rata-rata presentase 80%. Maka hasil rata-rata validasi dari uji ahli materi, bahasa dan media dalam kategori “Baik” dengan rata-rata presentase 85,67%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armelia, D., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Media Pocket Book Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3).

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL. 3(1), 35-43.

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 1–11.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.