Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas X dalam Materi Trigonometri
Sari
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA Islam Darul Abror pada materi perbandingan trigonometri. Subjek yang digunakan dalam penelitiana adalah 33 peserta didik kelas X SMA Islam Darul Abror. Sumber data berasal dari lembar observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan assignment penunjang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang mampu memahami konsep perbandingan trigonometri dengan baik, sedangkan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah yang rendah tidak bisa memahami konsep perbandingan trigonometri.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, A., Sajidan, S., Akhyar, M., & Suryani, N. (2018). Pre-service science teachers' perception about high order thinking skills (HOTS) in the 21st century. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(1), 107-114.
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018, January). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. In Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012025.
Gina dan Rostina. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif tipe AIR dan Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Vol. 5 No. 3 (2016): 306
Griffin, P., Care, E., & McGaw, B. (2012). The changing role of education and schools. In Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 1-15). Springer, Dordrecht.
Hendriana, H., & Fadhillah, F. M. (2019). THE STUDENTS’MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL THROUGH PROBLEM-SOLVING APPROACH. Infinity Journal, 8(1), 11-20.
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.
Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri Pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2158-2162.
Kotzer, S., & Elran, Y. (2012). Learning and teaching with Moodle-based E-learning environments, combining learning skills and content in the fields of Math and Science & Technology.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau Dari Gender Berdasarkan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 463-474.
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu. Yogyakarta: Familia.
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Priyani, Y. (2013). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pranowo, E. (2010). Eksperimentasi pendekatan kontekstual pada pembelajaran Matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun 2005/2006 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.