Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran PAKEM

Deswina Lisnawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan proses belajar mengajar di kelas dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada bab SPLDV (kesamaan sistem linear dua variabel) melalui model PAKEM. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 8 smp muhammadiyah 6 pada tahun akademik 2018/2019, jumlah siswa adalah 22 siswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah tahap analisis pertama dan akhir. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu penampilan (post test). Teknik pengumpulan data diambil dari hasil belajar dan observasi. Kesimpulannya adalah bahwa penelitian menggunakan model pakem telah meningkatkan siswa. Jadi penelitian ini berhasil.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzah, A., &Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hermino, A. (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung:Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Professionalism Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Septianti, D.A. (2013). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Jarimatika Dalam Tema Lingkungan Peserta Didik Kelas II Di SD Negeri 2 Klapasawit Kalimanah, Purbalingga. Skripsi Unniversitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lukman, S.H. (2018). Statistika Terapan Dasar. Bekasi : CV. Nurani

Sutrisno, I. (2011). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Skripsi Unniversitas Pasundan.

Suyono dan Hariyanto. (2011) . Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya : Rosda.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.