Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Penyelesaian Soal Matematika Model PISA

Tri Fatiqoh, Condro Endang Werdiningsih, Rita Ningsih

Sari


Program for International Student Assesment (PISA) merupakan salah satu studi Internasional untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam membaca, matematika, dan juga sains di berbagai negara. Berdasarkan data hasil penilaian PISA Tahun 2012, kemampuan yang dimiliki siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis model PISA siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu MTS di Kota Jakarta, sampel berjumlah 3 siswa  dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 7 butir soal uraian dan wawancara tertulis. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa: 1) siswa dengan kategori tinggi mampu memenuhi indikator pemecahan masalah matematis dengan baik, tetapi masih kurang teliti dalam melakukan perhitungan, 2) siswa dengan kategori sedang masih kurang teliti dalam melakukan perhitungan dan tidak memenuhi indikator tahap memeriksa kembali jawaban, 3) siswa dengan kategori rendah belum mampu memenuhi setiap indikator pemecahan masalah matematis dengan baik dan belum mampu mengerjakan soal model PISA dengan benar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1, 1-7.

Aini, Rahmawati Nur & Tatag Yuli Eko Siswono. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, 3 (2), 158-164.

Arikunto, S. (2012). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamidy, A., & Jailani. (2019). Kemampuan Proses Matematis Siswa Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6 (2), 133-149.

Hayat, B & Yusuf, S. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Himmah, N.R., & Ika Kurniasari. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MATHEdunesa, 3 (5), 1-10.

Mita, D.S., Linda Rosmery Tambunan, & Nur Izzati. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematik Lentera Sriwijaya, 1 (2), 25-33, e-ISSN: 2684-7175.

Putra, M., & Rita Novita. (2014). Pemecahan Masalah Matematika Tipe PISA pada Siswa Sekolah Menengah dengan Konten Hubungan dan Perubahan. Jurnal Pendidikan Matematika MAJU, 1(1), 37-46.

Saputri, N.W., & Zulkardi. (2020). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Siswa SMP Menggunakan Konteks Ojek Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 1-14. Doi: https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6825.1-14.

Sari, E. (2012). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengetahui Argumentasi Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Palembang: Universitas PGRI.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5 (2).

Susanti, Edwin Musdi, & Hendra Syarifuddin. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship

Yuhani, A., Zanthy, L.S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445-452.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1-10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.