Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik
Sari
Tujuan dalam melakukan penelitian adalah peneliti ingin mengetahui kesiapan dan hasil yang diharapkan dalam asesmen kamampuan minimal (AKM) sehingga dapat memberikan informasi mengenai kemampuan yang diharapkan yakni kemampuan literasi dan numerasi. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi analisis dengan pendekatan kajian studi pustaka. Hasil dalam penelitaian adalah : a. Dari kemampuan guru cukup mampu menjalankan asesmen kemampuan dasar (AKM). b. luaran yang diharapkan yakni kemampuan literasi dan numerasi masih belum terlihat dalam penjawaban soal siswa masih belum mampu menalar dan melakukan literasi soal. Kesimpulan dalam penelitian adalah a. Dari tahap persiapan guru dalam melakukan asasmen nasional yaitu asasmen kemampuan minimum sudah dilakukan secara maksimum oleh para guru namun masih dalam kendala guru masih belum mengetahui indikator pencapaian yang diharapkan. b. Dari segi kelulusan yang diharapkan yakni kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, yakni peserta didik masih belum terbiasa dalam menerima soal dengan standar asasmen kemampuan minimal dimana peserta didik harus melakukan pembelajaran dengan terus dilatihnya kemampuan tingkat tinggi atau penalaran pada soal-soal yang diberikan kepada peserta didik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afista, Yeyen, Ali Priyono R , Saihul Atho Alaul Huda. 2020. Analisis Kesiapan Guru PAI Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di MTSN 9 Madiun).
Cahyanovianty, Alda Dwi, Wahidin. 2021. Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 02, Juli 2021, hal. 1439-144.
Fauzan. 2021. Penyederhanaan Kurikulum Dan Pemberlakuan Asessmen Nasional. 1 september 2021. https://www.rmolbanten.com/read/2021/09/01/25110/Penyederhanaan-Kurikulum-Dan-Pemberlakuan-Asessmen-Nasional-
Media Center Direktorat Sekolah Dasar. 2020. Persiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menuju Sekolah Berkualitas. 10 Oktober 2020. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/persiapkan-asesmen-kompetensi-minimum-akm-menuju-sekolah-berkualitas#.
Nurhikmah, Isti Hidayah, Sri Kadarwati. 2021. Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, Volume 4, Nomor 1, April 2021
Nurjanah, Eka. 2021. Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Vol 3, No 2, Juli 2021
Purwanto, Ageng Jelly. 2021. Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer Dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning Vol. 1 nomor 2 hal. 109-115 . DOI: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, Inggrid Dyah Ganestri. 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL VARIDIKA Vol. 33, No. 1, 2021, hal. 54-62.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.