Kemampuan Komunikasi Matematis, Barisan dan Deret

Hawa Liberna, Seruni Seruni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan komunikasi matematis di sekolah SMK Bina Pendidikan 2 Bogor khususnya kelas XI Akuntansi. Peneliti memgambil 6 siswa untuk dianalisis lebih dalam, dengan masing masing kategori diambil 2 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti yaitu hasil tes kemampuan, wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat analisis dari hasil tes. Tes itu sendiri berupa essay yang digunakan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis  Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu 1) Siswa masih kurang dalam menghubungkan gambar ke dalam bentuk ide atau simbol matematika, 2) Dalam memahami ide-ide matematika siswa hampir memenuhi baik secara tulisan dan lisan bisa dilihat dari hasil wawancara bahwa siswa dapat menjelaskan jawabannya dengan baik, 3) Menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika hampir memenuhi indikator yang peneliti gunakan, tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak menuliskan informasi pada lembar jawabannya sehingga kemampuan komunikasi matematisnya masih belum terpenuhi dengan baik. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bahwa guru harus memahami karakteristik siswa dan dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Novariza, Y., Rahman, B., & Rini, R. (2015). Manajemen Kurikulum Berbasis Keislaman Di Sekolah Menangah Pertama Islam Terpadu Misftahul Jannah Bandar Lampung. Manajeman Mutu Pendidikan, 3(1).

Mahmudi, A. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1).

Putri, A. N., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulus Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. In The 1st Steeem 2019 (Vol. 1, pp. 193–197).

Anggraeni, S. N. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan Berpikir Geometris Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Marissa, R. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VII A MTs SA Biroyatul Huda Cilongok. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Isnanigtyas, R. P. (2015). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jatilawang. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Haidir, Ed.) (5th ed.). Bandung: Citapustaka Media.

Suwendra, W. (2018a). metode kualitatif.pdf. (A. L. Manuaba, Ed.) (1st ed.). Bandung: Nilacakra.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.