Analisis Implementasi Project Based Learning dengan Teknik Immediate Feedback pada Materi Rantai Markov

Andri Suryana, Ayu Wulandari, Azhari ikhwati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Project Based Learning dengan teknik Immediate Feedback pada materi Rantai Markov. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di salah satu PTS di Jakarta Timur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan beragam instrumen. Adapun instrumennya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen, dan peneliti. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, Project Based Learning dengan teknik Immediate Feedback pada materi Rantai Markov dapat diimplementasikan dengan baik meskipun pada proses pengerjaannya di lapangan, dosen harus membimbing dan memotivasi mahasiswa secara intensif agar mereka dapat menyelesaikan proyeknya tepat waktu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Masuku, F.N., dkk. (2018). Analisis rantai markov untuk memprediksi perpindahan konsumen maskapai penerbangan rute manado-jakarta. Jurnal Ilmiah Sains, 18 (2): 75-79.

Noer, S. H. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif (K2R) matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Seruni dan N. Hikmah. (2014). Pemberian umpan balik dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar mahasiswa. Jurnal Formatif, 4 (3): 227- 236.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2009). Pengaruh bentuk umpan balik dan gaya kognitif terhadap minat pada mata kuliah kalkulus III. Tesis. FPs UNINDRA: Tidak diterbitkan.

................... (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Titu, M.A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY (p. 176-186).

Yerizon dan M. Nasution. (2016). Diktat: pengantar stokhastik. Padang: UNP press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.