PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TPACK
Sari
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika melalui TPACK, sehingga materi pembelajaran matematika dapat tersampaikan secara tepat sesuai konsep dan kebutuhan. Metode deskriptif kualitatif yang bersumber dari hasil kajian pustaka dalam penelitian ini memberitahukan bahwa pendidik harus mampu memilih, menetapkan dan menguasai penggunaan aplikasi pembelajaran matematika yang sesuai, serta mendisain pembelajaran matematika secara utuh dengan menyatukan technological knowledge, content knowledge, pedagogical knowledge, pedagogical content knowledge, dan technological pedagogical knowledge. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan aplikasi pembelajaran matematika melalui TPACK dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan pendidik dalam memadukan teknik, konten, pedagogik dan teknologi. Hal tersebut sangat dibutuhkan, terlebih lagi di era transformasi yang diikuti masa pandemi covid-19 saat ini, dimana pembelajaran harus dilakukan secara efektif dan efisien melalui pembelajaran online.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Book
Sutrisno. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta.
Conference Paper
Aminah, N., S. B. Waluya, dan Rochmad. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pengajaran Matematika. MATHLINE Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 5, No.1, pp.87-99, ISSN: 2622-3627 (online), ISSN: 2502-5872 (print).
Aquino, A. B. (2015). Self-efficacy on Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) of Biological Science Pre-Service Teachers. Asia Pasific Journal of Multidiciplinary Research. Vol 3 (4). Hal: 150-15
Gunawan, D., Sutrisno, dan Muslim. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berdasarkan TPACK untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11, No.2, pp.249-261, ISSN: 2597-3592 (online), ISSN: 2086-8235 (print). Doi: http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11518
Haapasalo, L. (2017). Adapting Mathematics Education to The Needs of Adapting Mathematics Education to The Needs of ICT. The Electronic Journal of Mathematics and Technology, Vol.1, No.1, pp. 1-10.
Muhtadi D, Wahyudin, dkk. (2017). The Integration of Technologi in Teaching Mathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 943 01202.
Rafi, I ., dan Nurrita Sabrina. (2019, Jan). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), Vol.3, No.1, Januari 2019, pp. 47-56, ISSN: 2548-8163 (online), ISSN: 2549-3639 (print)
Restiana, N., dan Heni Pujiastuti. (2019, Jan). Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.8, No.1, pp.83-94, ISSN: 2527-8827 (online), ISSN: 2086-4280 (print). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n1_08/416
Supangat. (2018). Pemahaman Guru tentang Teknologi Informasi (Studi Kasus Guru di SD dan SMP Sekolah Shafta Surabaya). Seminar Nasional UNTAG Jakarta. pp. 458-468.
Suyamto, J ., Mohammad Masykuri, & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI Journal, Vol. 9, No. 1, pp. 46-57, ISSN: 2615-7489 (online), ISSN: 2252-7893 (print). DOI: 10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syukur, I.A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kemendikbud, Vol. 2, No. 2, pp. 200-210.
Tanu Wijaya, T., Aditya Purnama, dan Hendry Tanuwijaya. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berdasarkan Konsep TPACK pada Materi Garis dan Sudut menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI, Vol. 3, No. 3, pp.83-94, ISSN: 2614-2155 (online), ISSN: 2614-221X (print). DOI 10.22460/jpmi.v1i3.205-214
Thesis
Musta’in, M. (2016). Pendidikan Berbasis Pengalaman menurut Pemikiran John Dewey dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam (Telaah Buku Experience and Education Penulis John Dewey). E-prints Repository Software. http://repository.iainkudus.ac.id/851/6/BAB%20III.pdf
Websites and Online Resources
Agany, V. (2021). Realitas Pendidikan di Masa Pandemi, Masalah atau Solusi? Yoursay.id. https://yoursay.suara.com/news/2021/02/18/115753/realitas-pendidikan-di-masa-pandemi-masalah-atau-solusi
Bahri, AS. (2020). Bapak Ibu Guru, Berikut 7 Tips Belajar Daring Efektif dan Menyenangkan. IDN TIMES. https://www.idntimes.com/life/education/ahmad-syaiful-bahri/tips-belajar-daring-efektif-dan-menyenangkan-c1c2-1/7
Hasibuan, J. (2020). Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Abad 21. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/josehasibuan/5f842a0e8ede4872bf5b7623/pendekatan-tpack-dalam-pembelajaran-abad-21?page=3&page_images=1
Kompasiana. (2020). Rendahnya Kompetensi Guru menjadi Permasalahan Pendidikan di Indonesia ditinjau dari Sudut Pandang Sosiologi. https://www.kompasiana.com/muhammadalifistygfarlana/5e8b51a3cecd3b697b056483/rendahnya-kompetensi-guru-menjadi-permasalahan-pendidikan-di-indonesia-dilihat-dari-sudut-pandang-sosiologi?page=all
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.