Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Aspek Psikologi Kognitif (Motivasi)

Lasia Agustina, Nurhayati Nurhayati

Sari


Dalam pembelajaran matematika karakteristik berpikir kreatif sangat penting. Berpikir kreatif dianggap membantu menyampaikan pemikiran siswa saat memecahkan masalah. Pemecahan masalah merupakan hal umum yang terjadi sehari-hari. Seseorang yang dapat memecahkan suatu masalah, akan melalui tahapan-tahapan analisis. Sebaliknya, dalam hal kreativitas akan berhubungan dengan daya cipta. Seseorang yang berpikir kreatif sering kali adalah orang-orang yang jenius, selalu memiliki ide-ide baru didalam kepalanya. Bagaimanapun juga, kreativitas merupakan bagian dari pemecahan masalah.  Menurut ilmu prikologi kognitif, kreativitas membutuhkan ide atau informasi dari pengalaman sebelumnya untuk sampai pada suatu tujuan yang ingin dicapai. Kreativitas juga dapat terjadi ketika seseorang menggunakan perhatian terfokus (perhatian sadar) serta perhatian tidak fokus (keadaan kesadaran yang berubah). Seseorang bisa menjadi kreatif ketika mereka secara sadar fokus pada suatu tugas atau permasalahan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatah, A.et all. 2016. Journal on Mathematics Education. Vol. 7(1). 11-20.

Eveline, et al. 2018. The Journal of Creative Behavior, Vol. 54, Iss. 2, pp. 242–252

D Hidayat* , E Nurlaelah and J A Dahlan 2017. Journal of Physics: Conf. Series, 895.1

Matlin, M.W. 2012. Cognition. -- 8th ed. United States of America

Vyacheslav, et al. 2020. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(10), em1887

Akgul.S and Gurel.N, 2016. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 62, 2016, 57-76

MF.Aqda, et al. 2011. Procedia Computer Science 3 (2011) 266–270

Pelczer.I And Gamboa.F.R. The Montana Mathematics Enthusiast, Vol. 8, nos.1&2, pp.383-398,2011

Risnanosanti. 2010. (Disertasi )Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Efficacy Terhadap Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Pembelajaran Inkuiri. Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.

Suastika.K, 2017. International Electronic Journal of Mathematics Eduacation(IEJME), Vol. 12, No. 3, 569-577

Skagerlund K, et al. 2019.PLOSONE, 14 1. 1

Muhamad S, et al. 2018 J. Math. Educ., 9 1, 41

Widyastuti R, et al. 2019 J. Phys.,1155 01204

Hastuti,S.N. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi. Universitas Pendidikan : Bandung.

Pehkonen, E. The state-of-art in mathematical creativity. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik 29, 63–67 (1997).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.