Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Melalui Pendekatan Berbasis Masalah (PBM)

Muhammad Zarsa Alfikri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam materi bangun datar melalui pendekatan berbasis masalah. Peneitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik/kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Objek peneltian adalah 8 siswa kelas VII SMP IT Bintang Madani Kota sukabumi tahun ajaran 2018/2019. Instrumen berupa tes uraian yang memuat indikator berpikir kreatif dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematik siswa berada pada kriteria cukup baik. Rata-rata skor siswa berada pada tingkat kreatif dan cukup kreatif. Faktor penyebab kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif mengenai bangun datar adalah siswa kurang memahami konsep gabungan dua bangun datar, siswa kurang memahami mencari luas segitiga. Ini menunjukkan bahwa siswa bisa menyelesaikan soal-soal kreatif namun belum terbiasa dengan konsep bangun datar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Munandar, S.C. Utami.1999. Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpadu Dengan Model Wallas Dan Creative Problem Solving (CPS) Di SMP NEGERI 4 Dan SMP NEGERI 26 Surabaya. (Buletin Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2).

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Tugas Pengajuan Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 9(2), 183-193.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3(3), 1-9.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Konferensi Nasional Matematika XV (pp. 1-9). Manado: Unima.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8-13.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, H. D. (2014). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa MTs Asy Syifa Kelas IX Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, pp. 224-230. Cimahi: STKIP Siliwangi.

Putra, H. D. (2016). Pengembangan Instrumen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA dengan Pendekatan Scientific Disertai Strategi What If Not. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 4, pp. 131-138. Cimahi: STKIP Siliwangi.

Putra, H. D. (2017). Pengembangan Instrumen untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Problem Posing Siswa SMA. Jurnal Euclid, 4(1), 636-645.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.