Aplikasi Logaritma Dalam Penentuan Derajat Keasaman (pH)

Kasih Haryo Basuki

Sari


Tujuan dalam kajian pustaka ini adalah mendiskripsikan penggunaan logaritma dalam menentukan derajat keasaman (pH) berbagai jenis larutan seperti larutan penyangga (buffer) dan larutan garam terhidrolisis. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Penelaahan terhadap buku-buku, dan artikel ilmiah dilakukan untuk memperkaya kajian tentang logaritma dan derajat keasaman (pH). Hasil dari kajian Pustaka ini adalah dengan menggunakan konsep logaritma dihasilkan turunan rumus pH berbagai jenis larutan, antaralain: (1) Larutan buffer asam, pH=pKa-log a/g; (2) Larutan buffer basa, pH=14-pKb+log b/g; (3) Larutan hidrolisis garam dari asam lemah dan basa kuat, pH=1/2(14+pKa+log[G]); (4) Larutan hidrolisis garam dari basa lemah dan asam kuat, pH=1/2(14-pKb-log[G]); (5) Larutan hidrolisis garam dari asam lemah dan basa lemah, pH=1/2(14+pKa-pKb).Tujuan dalam kajian pustaka ini adalah mendiskripsikan penggunaan logaritma dalam menentukan derajat keasaman (pH) berbagai jenis larutan seperti larutan penyangga (buffer) dan larutan garam terhidrolisis. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Penelaahan terhadap buku-buku, dan artikel ilmiah dilakukan untuk memperkaya kajian tentang logaritma dan derajat keasaman (pH). Hasil dari kajian Pustaka ini adalah dengan menggunakan konsep logaritma dihasilkan turunan rumus pH berbagai jenis larutan, antaralain: (1) Larutan buffer asam,  , (2) Larutan buffer basa, , (3) Larutan hidrolisis garam dari asam lemah dan basa kuat, , (4) Larutan hidrolisis garam dari basa lemah dan asam kuat, , (5) Larutan hidrolisis garam dari asam lemah dan basa lemah, .

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astria F., M. Subito, D.W. Nugraha. (2014), Rancang Bangun Alat Ukur pH dan Suhu Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway, Jurnal Mektrik, 1(1): 47-55.

Brady, J. E., (Sukmariah Maun). (1999). Kimia Universitas Asas dan Struktur. Edisi Kelima. Jilid Dua. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fauziah, N. (2009). Kimia 2: SMA dan MA Kelas XI IPA, Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Gumilar, H. S. (2008). Matematika 1 kelompok seni, pariwisata, dan teknologi Kerumahtanggaan. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Harnanto, A. (2009). Kimia 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Ihsanto E, S. Hidayat. (2014), Rancang Bangun Sistem Pengukuran Ph Meter dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno, Jurnal Teknik Elektro, 3(5): 139-146.

Mowendu, A. L. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Sma Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Di Sma Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Ngafifuddin, M., Susilo, & Sunarno. (2017). Penerapan Rancang Bangun Ph Meter Berbasis Arduino Pada Mesin Pencuci Film Radiografi Sinar-X. J. Sains Dasar 2017 6 (1) 66 – 70.

Partana, C. F., & Wiyarsi, A. (2009). Mari Belajar Kimia 2: Untuk SMAXI IPA. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Permana, I. (2009). Memahami Kimia SMA/MA 2. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Pratama, M. Y. (2018). Analisis Kesulitan Dan Alternatif Pemecahannya Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X Mas Pab-1 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rahayu, A. P., Ashadi, Saputro, S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Eksperimen Dan Guided Inquiry Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Dan Kreativitas Siswa. JURNAL INKUIRI, Vol 3, No. I, 2014 (hal 96-107).

Utami, B. (2009). Kimia 2: Untuk SMA/MA Kelas XI, Program Ilmu Alam. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.