Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Materi Lingkaran

Farhan Mustaf Azizi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sedangkan desain yang digunakan yaitu desain penelitian deskriptif. Pengambilan subyek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas VIII SMPN 1 Cisaat Kab. Sukabumi tahun ajaran 2018/2019. Jadi jika dilihat dari hasil test dapat disimpulkan bahwa siswa kesulitan dalam mengingat rumus dan tidak terdapat masalah dalam mengerjakan soal cerita.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida, Nurul. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika, Metro: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP.

Ayarsha, Rifan. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson, Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.

Moelong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Salim dan Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayanti (2012). Lingkaran.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung:Alfabeta,2009).

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010, hal. 4-14.

Yosep. (2013). Lingkaran dalam dan lingkaran dalam segitiga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.