Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Self Efficacy Siswa Kelas X di SMA Daarul Qur’an International School

Hardiyanti Rahayu, Hairul Saleh, Ardini Ramadhanty

Sari


Artikel ini membahas pembelajaran matematika dengan metode hypnoteaching  untuk mengkaji kemampuan self efficacy siswa. True eksperimental design tipe posttest-only control design merupakan desain metode penelitian yang digunakan. Seluruh siswa kelas X SMA Daarul Qur’an International School Tangerang merupakan populasi, adapun sampel yang dipilih adalah kelas kontrol X IPA D dan kelas eksperimen X IPA A. Penelitian ini menggunakan Instrumen angket self efficacy. Angket skala Likerts yang digunakan untuk mengukur kemampuan self efficacy. Siswa yang tidak diberikan perlakuan metode hypnoteaching  dalam pembelajaran matematika lebih rendah daripada siswa yang diberikan perlakuan metode hypnoteaching  dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan metode hypnoteaching  cukup efektif untuk diterapkan pada pokok bahasan vektor matematika peminatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kadir. 2005. Statistika Terapan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Navis, Ali Akbar. 2017. Hypnoteaching. Yogyakarta: Diva Press.

Ruseffendi. 2005. Hypnoteaching. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trijono, Rahmat. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Yustisia, N. 2012. Hypnoteaching Revolusi Gaya Mengajar untuk melejitkan Prestasi Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zulganef. 2008. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu. Proceedings

Bandura, A., & Adams. N. E, (1977). Analysis of Self Efficacy Theory of Behavioral Change. Cognitive Therapy and Rasearch,1,287-308https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1977CTR-Adams.pdf.

Bandura, A., Adams, N. E., Hardy, A.B., & Howells, G. N. (1980). Test Of The Generality Of Self – Efficacy Theory. Cognitive Therapy and Rasearch,4,39-66 https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1980CTR.pdf.

Cecilia Engko 2008 Pengaruh Kepuasan kerja terhadap kinerja indivisual dengan self estem dan self efficacy sebagai variable intervening. Jurnal Bisnis dan, pp 1-12.

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Farhan Myhammad 2019 Efeketifitas Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe CIRC Dengan Kooperatif Tipe TAI Terhadap Prestasi Belajar siswa Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika 2019 UMT pp 101-108.

Heru Sukoco ali mahmudi Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11 – Nomor 1 Juni 2016 pp 11-24 Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

Kasmaja Hadi 2016 Efektivitas Implementasi Metode Hypnotdeaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Negeri. Journal Of Est, Volume 2 Nomor 1 April 2016 Hal. 33 - 45 P-Issn:2460-1497 E-Issn: 2477-3840 pp 33-45.

Munir Awaludin Fatiqin Ira Kendi 2014 Pengaruh Pengunaan Metode Role Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Virus Di SMA Azharyah Palembang Jurnal Florea Volume 4 No. 1, April 2017.

Rahmawati T Sri Milfayetty Nurmaida Irawani (2014). Pengaruh bimbingan kelompok peer group terhadap Efikasi diri dan self-regulated learning.

Widyah Noviana, Suyono. Lukman Elhakim. (2018). Pengarih Pendekatan M-Apos Terhadap Self Efficacy SMP di Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika, 2018.pp 19-28.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.