Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Deris Aris Saepudin

Sari


Tujuan penelitian  dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian naturalistik/kualitatif sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian deskriptif. Pengambilan subyek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII SMP IT Bintang Madani Sukabumi tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Dalam menyelesaikan soal klasikal kemampuan berpikir kritis siswa terdapat 50% (2) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritismatematis siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL pendekatan saintifik berbantuan fun pict dan siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL pendekatan saintifik, (3)pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa,  50% (4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akinoglu, O., Ruhan, O. T. (2007). The Effect of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1),71-81.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach; Belajar untuk mengajar Edisi Ketujuh Buku Dua. Yogjakarata: Pustaka Pelajar.

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar 2(7), 185-198.

Elia, I., & George, P. (2004). The Function of pictures in Problem Solving. In Proceedings of the 28th Conference of the Internasional Group for the Psychology of Matematics Education. University of Cyprus.

Isti, N.A., Agoestanto, A., & Kurniasih, A.W. (2017). Analisid Tahap Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dalam setting PBL dan Scaffolding untuk Menyelesaikan Masalah Matematika. Unnes Journal of Matematics Education 6(1), 52-62.

Jumaisyaroh, T. Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Keritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu 5(1), 87-106.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter . Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kurniasih, A. W .2012. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano 2(3), 113-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.