Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Sari
E-learning merupakan media pembelajaran yang berbasis teknologi yang memungkinkan tersampaikan bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan internet. Salah satu pembelajaran E-learning yang digunakan untuk memudahkan belajar adalah pembelajaran berbasis E-learning dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh pembelajaran berbasis E-learning pada aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas XI. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel peneliti dilakukan secara acak, artinya setiap kelas mempunyai peluang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam peneliti ini terdiri dari dua kelas, satu kelas diambil sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Muhibbin, S. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA
Imaduddin Muhammad. Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta, 2018
Jalmur, N., & Ambiyar. (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta
Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta
Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.