Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Aplikasi Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Barra Pradja, Raisa Raisa, Siti Julaeha

Sari


E-learning merupakan media pembelajaran yang berbasis teknologi yang memungkinkan tersampaikan bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan internet. Salah satu pembelajaran E-learning yang digunakan untuk memudahkan belajar adalah pembelajaran berbasis E-learning dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh  pembelajaran berbasis E-learning pada aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas XI. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel peneliti dilakukan secara acak, artinya setiap kelas mempunyai peluang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam peneliti ini terdiri dari dua kelas, satu kelas diambil sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhibbin, S. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA

Imaduddin Muhammad. Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta, 2018

Jalmur, N., & Ambiyar. (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta

Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta

Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.