Analisis Self-Efficacy Siswa dalam Metode Pembelajaran Problem Possing Setting Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Qoiriyah Puspita Ningrum, Nur Faiqmah Febriani, Nur Faiqmah Febriani, Pahri Pahri, Pahri Pahri, Dian Nopitasari, Dian Nopitasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efikasi diri siswa, yang ditinjau dari model pembelajaran problem posing dalam pengaturan kooperatif tipe TAI siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 di Kota Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 29 siswa kelas X Muhammadiyah 1 SMK 1 di kota Tangerang dengan sampel 3 siswa dengan kategori KAM tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan KAM tinggi memiliki self efficacy yang tinggi, sedangkan siswa dengan KAM rendah memiliki self efficacy yang rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan kondisi ini termasuk siswa yang tidak memahami informasi pada pertanyaan, siswa kurang percaya diri pada kemampuan mereka, dan siswa kurang berhati-hati dalam menyiapkan pertanyaan. Penerapan pendekatan problem posing dalam pengaturan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif daripada penerapan pendekatan konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, S. (2006:9).Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan TAI terhadap prestasi belajar .eprints ums .http://eprints,.ums.ac.id/19767/2/3._BAB_I.pdf

Ansari, B.I. (2003). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SMU melalui strategi think-talk-write siswa kelas I SMUN di kota Bandung. [online]. Tersedia di http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1006106-151125/. Diakses tanggal 5 Maret 2011.

Bandura, A. (2009). Self-efficacy in changing societies. Cambridge: University Press.

Suherman, E. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung JICA-FMIPA UPI.2003

Kusnaeni, & Retnawati, H. (2013). Problem Posing dalam Setting Kooperatif Tipe TAI Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Juni 2013, 8(1), 33-43.

Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Waluyati, A. (2009). Perbandingan hasil belajar matematika melalui Pembelajaran kooperatif tipe TAI dan pembelajaran konvensional. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on mathematics instruction experiment-based problem posing. Journal of Mathematics Education. 1(1), 153-163.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.