Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement DIVISION (STAD) Berbantuan Aplikasi Microsoft Office SWAY Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Ateng Suherman, Nurul Fadillatul Soliha, Hanifah Nahru Zakiyah, Khoirunnisa Khoirunnisa

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran menggunakan aplikasi Sway terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar matematika. Dalam proses pembelajaran matematika, siswa masih berpusat pada guru sehingga mempengaruhi pada hasil ulangan harian, ulangan umum dan ulangan-ulangan lainnya. Penelitianinimerupakan penelitian eksperimen semudenganpopulasisiswakelas VII MTs Nurul Hikmah, PasarKemis.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan dipilih dua kelas secara sebagai sampel dari 3 kelas yang ada, pada kelas terdapat 22 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji keseimbangan rataan dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas VII A yaitu 86% dan kelas VII B yaitu 68% dengan taraf signifikan 0, 208 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pembelajaran microsoft office Sway lebih efektif dari kelas yang menggunakan model pembelajaran dan media konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cipta, S. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, J. (2014). Model danMetodePembelajaranKreatifdanBerkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Publisher., T. 2.-m. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel–Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Y. (. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ruman. (2008). Model-ModelPembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media Sudjana.

Trianto. (Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik). 1991. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.