Pemanfaatan Pot Matematika Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep

Mutiara Bhayangkari, Siti Kholifaturohmah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan pot matematika ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan literatur perpustakaan dengan metode pengumpulan data yakni mencari sumber tulisan mengenai topik yang dibahas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian literatur maka disimpulkan pot matematika memberikan manfaat dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pemahaman konsep pada materi FPB dan KPK.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01), 72–89. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aqila, R. Permainan Congklak, Mainan Tradisional Asli Nusantara yang Mendidik.. https://biofar.id/permainan-congklak/

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yoyakarta: Gaya Media.

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta : Depdiknas.

Dwi, O., & Herawati, P. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01), 1–80. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/312

Djamarah, dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hasbullah dan Yogi. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika.Jakarta : UNINDRA Press.

Kurniawan, I. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Modelling The Way Pada Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Formatif, 6(1), 44–49. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/751

Moleong, L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/754

Prasetyo, A. (2016). Pengaruh metode mapping terhadap kreaktivitas siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN Banyuanyar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi, 2(2), 1–16. Retrieved from https://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkippgsd/article/view/568

Sudjana, dkk. (2013). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatid dan Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.