Pengaruh Skenario Pembelajaran Berbantuan Video Sparkol terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Ahmad Fadillah, Westi Bilda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh scenario pembelajaran berbantuan video sparkol terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di universitas muhammadiyah tangerang pada bulan Mei sampai dengan Juni 2019. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil t hitung (2,24) > t tabel (1,993) yang artinya terdapat pengaruh scenario pembelajaran berbantuan video sparkoll terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemudian dilakukan uji effect size dan diperoleh hasil   yang artinya terdapat pengaruh yang cukup besar pada penggunaan scenario pembelajaran berbantuan video sparkoll terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AECT. (1977). The Definition of Education Technology. Washington: Association for Educational Communication and Technology.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Masriyah, dkk. (2007). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Terbuka.

Munadi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss.

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. Aksioma 5(2), 76-92.

NCTM. (2015). Prinsip dan Standar Untuk Sekolah Matematika. Diakses dari http://www.nctm.org/uploadedfiles/math_standards/12752_exec_pssm.pdf

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3(1) 42-47.

Saputro, dkk (2018). Pengembangan Media pembelajaran menggunakan Aplikasi Construct 2 pada materi aljabar kelas VII. Jurnal dan Aplikasi Matematika, 2 (1), 1-8.

Shulman, L.S. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-22.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.