Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baki, U. (2018). Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui model pembelajaran kolaborasi siswa kelas VI SDN Banyu Tajun Tahun pelajaran 2016/2017. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 45–52. Retrieved from http://www.rumahjurnal.net/index.php/jsagacious/article/download/240/193.
Basaria, N., & Leonard. (2018). Model pembelajaran Quantum Learning dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa. ProsidingDiskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 274–287. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI https://doi.org/10.30998/psndpmpam.1.125.
Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning enhances critical thinking. Journal of Technology Education, 7(1), 22–30. Retrieved from https://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/v7n1/pdf/gokhale.pdf.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf.
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80. Retrieved from http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai.
Laal, M., & Laal, M. (2012). Collaborative Learning: what is it? Social and Behavioral Science, 31, 491–495. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.092.
Lasidos, P. A., & Matondang, Z. (2015). Penerapan model pembelajaran kolaboratifuntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar rencana anggaran biaya siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 2 Siatas Barita-Tapanuli Utara. Jurnal Educational Building, 1(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2802.
Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. A. N. ., & Mintarti, N. G. P. . (2018). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik peserta didik. Journal of Songke Math, 1(1), 26–36. Retrieved from http://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jsm/article/view/193.
Mutiah. (2016). Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi pada siswa kelas VI SDN Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro. Jurnal Karya Pendidikan, 2(3), 86–92. Retrieved from https://jkpbjn.files.wordpress.com/2016/10/mutiah.pdf.
Panitz, T. (2011). A definition of Collaborative vs Cooperative Learning a definition of Collaborative vs Cooperative Learning, 3–5. Retrieved from http://colccti.colfinder.org/sites/default/files/a_definition_of_collaborative_vs_cooperative_learning.pdf.
Paryanto. (2010). Penerapan metode kolaboratif tipe Group Investigation untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teori pemesinan dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(2), 170–194. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v19i2.7738.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Bab I Pasal I Ayat 10 Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Rahayu, M., Ulfatin, N., & Juharyanto. (2018). Sistem Pengelolaan Guru Tidak Tetap (GTT) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 263–269. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3186/2544.
Rahmayanti, V. (2018). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Rustiyarso, Devi, A., & Okianna. (2013). Peran Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X SMA PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9), 1–11. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3083/3077.
Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Jurnal Auladuna, 2(2), 221–232. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/878/848.
Sormin, D. (2016). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar. Fitrah, 02(1), 117–130. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/459.
Sulhan. (2006). Pembangungan karakter pada anak. Jakarta: Manajemen Press.
Suliso. (2014).Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think- Pair-Share. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sumaryati, S., Anna, Y., & Siswandari. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Kartu. Jurnal Jupe UNS, 2(1), 169–179. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/13543-ID-upaya-meningkatkan-keaktifan-dan-prestasi-belajar-akuntansi-melalui-pembelajaran.pdf.
Ulia, N. (2016). Efektivitas colaborative learning berbantu media short card berbasis it terhadap pemahaman konsep matematika. Ilmiah “Pendidikan Dasar,”III(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/download/2796/2055.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.