Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Ratna Yuaidah

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)  lebih baik dari pada siswa  yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Desain penelitian True Experimental Design  tipe Pretest-Posttest  Control  group Design. populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. YLPI Ibaadurrahman dan sampel yaitu 10 orang dari masing-masing kelas kontrol dan eksperimen dengan tekhnik Probability Sampling tipe Cluster Random Sampling,. Tekhnik analisis data tahap awal yaitu uji analisis prasyarat   meliputi uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t independen. Hasil uji t dikarenakan nilai t hitung yaitu -2,05798 dengan daerah kritis yaitu 2,101 berada didaerah terima , maka  diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)  lebih baik dari pada siswa  yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Qohar. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Makalah. Disajikan di seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XIX, Pada 16 April 2011. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Diakses Pada tanggal 21 Maret 2015 (http://eprints.umy.ac.id/6968/i/makalah%20peserta%204%20%20Abd.%20Qohar2.pdf

Abdullah, Ridwan. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Ansari, Bansu Irianto. (2003). Menumbuhkembangkan KemampuanPemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU MelaluiStrategi Think Talk write. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deutelina S, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Ttipe NHT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No.3, September 2018 :357-367

Eva N.S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan NHT Terhadap Kkemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Garut: Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut. Journal pendidikan matematika. Vol. 2, No. 2, Mmei 2013 :77-85

Huda, Miftahul. (2011). Cooponeratif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huggins, B., & Maiste, T. (1999).Communication in Mathematics. Master’s Action. Research Projec, St. Xavier Univercity & IRI/Skylight

Jannah, Raodatul. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Jogjakarta: DIVA Press.

Nurul Azizah. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelaas VIII SMPN 3 Kebumen Dalam Pembelajaran MatematikaMelalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Skripsi Tidak ditebitkan. Yogyakarta :Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Putri W ,Fitriana Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal matematika. Vol.08 N0. 2. Desember 2018 : 159-169.

Suherman, Herman et all. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JurusanPendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahan Alam: Universitas Pendidikan Matematika Indonesia.

Lukman,H. S. (2017). Statistika Terapan Dasar. Bekasi: CV. Nurani.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.