Pengembangan Bahan Ajar Persamaan Diferensial dengan Metode Guided Discovery Berbantuan Software Mathematica

Dian Nopitasari, Desty Haswati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada persamaan diferensial dengan metode guided discovery berbantuan software mathematica. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian danĀ  pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media dipeoleh rata-rata kevalidan sebesar 81,25% dengan kategori keidealan sangat baik, sehingga bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan valid. Hasil uji kepraktisan yang meliputi keterbacan dan kepraktisan pengguna yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa diperoleh rata-rata 78,36% dengan klasifikasi baik atau praktis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dahar. (2011). Model Penemuan Terbimbing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Bahan Ajar Modul untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Djaali dan Muljono. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT.Grasindo.

Fateman, R. J. (1992). A Review of Mathematica. Journal Symbolic Computation, 13, 545-579.

Muhammad, R. (2008). Cara mudah menyelesaikan Matematika dengan Mathematica. Yogyakarta: C.V Andi Offest.

Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Ruseffendi, E. T (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Ruseffendi, H. E. T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.