Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe LSQ and IS terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Ermawati Ermawati, Yuan Andinny

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe LSQ and IS terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas VII di SMP Budhi Warman 1 dan SMP Trisoko Jakarta 2018/2019, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 30 siswa di kelas VII-A dan kelas kontrol 30 siswa di kelas VII-C. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel pemahaman konsep matematika siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji-t. Terlebih dahulu, dilakukan Uji Liliefors dan Uji Fisher (Uji F). Dari analisis hasil penelitian menggunakan Uji-t didapat thitung = 4,602 dan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,672. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe LSQ and IS terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gulton, Syawal. (2013). Materi Pelatihan Duru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hernawati, Arum. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi dengan menggunakan Kooperatif Tipe Information Search (IS) Berkelompok. Jurnal Pendidikan UNS, 1(3): 1-10.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, Huri dan Tuti Magdalena. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal formatif 3(2): 105-114 ISSN: 2008-351x Hal:105-114.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.