Penerapan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Materi Trigonometri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMK Yasidik Parakansalak

aprillianti kanida

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran setelah menggunakan model Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pretest-posttest control group desain pada sampel sebanyak 10 orang menggunakan teknik random sampling di SMK Yasidik Parakansalak. Pengukuran dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai T hitung sebesar -2,04691 dengan daerah kritis sebesar 2,101 yang berarti terima H0. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model STEM lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ameri. (2014). FULL STEAM AHEA: Afterschool Program Step Up as Key Partners in STEM Education, Afterschool Alliance. Amerika.

Burhan, B. (2004). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Permada Media.

Daryanto & Mulio Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Iqbal, H. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Miarso. (1993). Terapan Teori Kognitif dalam Desain Pembelajaran. Jakarta.

Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah: UIN Maliki Press.

NTCM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for Schools Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Puspitasari, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada SiswaA Kelas VII SMPN 2 Kapak. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institus Agama Islam Negeri: Tulungagung.

Riduwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Siregar, E. & Hartini, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung : Tartiso.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Sultoni, A. (2018). Pembelajaran Trigonometri Materi Menentukan Tinggi Suatu Benda Berbantuan Klinometer Fleksibel. Jurnal Prisma1. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma)

Suryani, H. (2017). Statistika Terapan Dasar. Bekasi: CV. Nurani.

Syukri, M., Lilia, M., dan Subahan, M. M. T. (2013). Pendidikan STEM DALAM Entrepreneurial Science Thinking “EsciT” Satu Pengkongsian Dari UKM Untuk Aceh. Aceh Development Internation Conference.

Tulus, W. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.