Peran Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep

Novrita Mulyarosa, Eva Yuni Rahmawati

Sari


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Metode Penelitian adalah Metode Expose Facto. Subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar. Pemilihan kelas sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes pemahaman konsep menggunakan tes berbentuk uraian sedangkan data gaya belajar dan kemandirian belajar diperoleh dengan menggunakan angket. Analisa data penelitian menggunakan teknik ANOVA desain 3 x 2. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik (F-hitung = 4,016 ; p = 0,024). Pemahaman Konsep Kimia mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi daripada mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. (Fhitung = 7,249 ;  p=  0,009). Tidak terdapat interaksi antara gaya belajar dengan kemandirian belajar mahasiswa terhadap pemahaman konsep kimia. (F-hitung  = 1,894 ; p = 0,160).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Martinis, Y. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sahertian, A. P. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suparlan. (2004). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

Tahar & Enceng. (2003). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Universitas Terbuka. Diunduh dari http://simpen.lppm.ut.ac.id pada Juli 2016.

Tanta. (2010). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Cendrawasih. Kreatif Jurnal

Kependidikan Dasar. 1 (1)

Tirtaraharja, U., & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.