Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

farida umaymah, Yogi Wiratomo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika. Dalam penelitian ini diambil  sampel  satu  kelas sebanyak  32 untuk  kelas X Farmasi 2  sebagai kelas eksperimen  dan  satu  kelas  lagi  sebanyak 32 untuk kelas X Farmasi 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Posing. Proses pengambilan subjek sampel, penelitian menggunakan  teknik  Sampling Purposive. Analisis pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis deskriptif dan uji prasyaratan data (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Giovani, N. (2013). Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Kompetensi Dasar Menghitung Keliling dan Luas Segitiga, Segiempat Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Ekuivalen. (Diakses dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article viewFile/407/429, pada tanggal 3 Maret 2019 pukul 19.00 WIB)

Hendriana, S. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Pambudi, D. S. (2007). “Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, (online), Vol 1, No. 2, (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/812/225, diakses 6 Oktober 2019).

Pramana, B. (2006). Problem Solving (Online). (http://sarengbudi.web.id/wpcontent/ uploads/problem solving.doc, diakses 3 Maret 2019)

Siswono, T, Y, E. (2008). Proses berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1): 60-68.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Takwim, B. (2015). Mengajar Anak Berpikir Kritis. (Online). (www.kompas.com/kesehatan/news/0605/05/093521.htm, diakses 3 Maret 2019) www.oecd.org/pisa/

Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study). [Online] http://litbang.kemdikbud.go.id/-detail.php?id=214


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.