Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Osborn Teknik Brainstorming

bayu jaya tama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara signifikan peningkatan kemampuan Pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Osborn dengan Teknik Brainstorming dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Kelompok eksperimen belajar dengan Model Pembelajaran Osborn dengan Teknik Brainstorming dan kelompok kontrol belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Jakarta dengan sampel dipilih dua kelas dari tujuh kelas. Instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif terhadap rataan gain ternormalisasi antara kedua kelompok dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah matematis kelompok eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anriani, N. (2011). Pembelajaran Dengan Pendekatan Resource-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Tesis PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Cahyono, A. N. (2007). Pengembangan Model Creative Problem Solving berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di SMA. [Online]. Tersedia: http://www.adinegara.blogspot.com/.

Donald, C. (2010). Brainstorm. [Online]. Tersedia: http://www.nwlink.com/~ donclark/perform/brainstorm.html [2 Maret 2011].

Hutagalung, J. B. (2009). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Studi Eksperimen pada SMA Negeri 1 Kundur Kabupaten Karimun). Tesis. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik : Apa, Mengapa dan Bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung : FPMIPA UPI.

Suryadi, D. (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.

S. Danie, V. (2010). All About Brainstorming. [Online]. Tersedia:http://fromawindow.posterous.com/all-about-brainstorming-1 [24 April 2011]

Thalheimer, A & Samantha, C. (2002). How to calculate effect size from published research: a simplified methodology. Jurnal work-learning research . [Online] tersedia: http://www.bwgriffin.com/gsu/courses/edur9131/content/EffectSize pdf5.pdf. Diakses tanggal 21-05-2013

Warpala, S. W. (2009). Pendekatan Pembelajaran Konvensional. [Online]. Tersedia:http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/pendekatanpembelajaran-konvensional/ [24 April 2011].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.